Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Cara Meningkatkan Trombosit Bagi Kesehatan Anda

/
/

Cara Meningkatkan Trombosit Bagi Kesehatan Anda – Trombosit merupakan salah satu elemen yang sangat berjasa bagi tubuh kita. Trombosit adalah suatu kepingan sel yang berada di dalam sistem jaringan tubuh. Berfungsi untuk menghentikan pendarahan jika terdapat luka pada tubuh. Bahkan Bila seseorang yang trombositnya kurang atau rendah bisa menyebabkan sakit.

Cara Meningkatkan Trombosit Bagi Kesehatan Anda
Cara Meningkatkan Trombosit Bagi Kesehatan Anda

Cara Kerja Sel Trombosit

Sel trombosit bekerja dengan cara menutup pembuluh darah yang terluka dengan membentuk sebuah benang fibrin. Seiring berjalannya waktu luka tersebut akan menutup. Sel yang berbentuk kepingan bulat ini diproduksi oleh sumsum tulang manusia.

Struktur sel trombosit ini sangat mudah sekali pecah jika terdapat di luar pembuluh darah ataupun terkena hantaman benda keras.

“Baca Juga : Ranking Sayuran Anti Kanker”

Akibat Tubuh Kekurangan Trombosit

Ada beberapa akibat yang bisa ditimbulkan jika tubuh kekurangan trombosit, antara lain :

  1. Pendarahan di gusi dan hidung.
  2. Pendarahan di lambung.
  3. Bisa mengakibatkan penyakit tifus.
  4. Bisa mengakibatkan memar.
  5. Demam berdarah.
  6. Anemia aplastik.
  7. Leukemia.
  8. Myelofibrosis.
  9. Dan yang cukup parah adalah Pendarahan akan sulit berhenti.

Beberapa Ciri Orang yang Kekurangan Trombosit Pada Tubuhnya

  1. Jika mengalami luka kecil maupun besar, maka penyembuhan lukanya relatif lebih lama.
  2. Terkena penyakit tifus.
  3. Terkena demam yang sangat tinggi. Biasanya saat di diagnosa,
    mendekati demam berdarah.
  4. Disertai badan yang terasa sangat lemas.
  5. Pusing yang sangat sakit.

Dengan indikasi dan beberapa akibat yang bisa di timbulkan jika tubuh kekurangan trombosit, maka kita harus benar-benar menjaga kesehatan. Saya pernah mempunyai pengalaman tentang ini. Ada anggota keluarga yang sedang sakit diakibatkan kekurangan trombosit.

“Baca Juga : Cara Meditasi Sendiri Dirumah”

Setelah di bawa kerumah sakit, ternyata cukup lama proses penyembuhannya. Bisa hampir 2 minggu untuk meningkatkan kadar trombosit yang ada didalam tubuh. Belum lagi proses penyembuhannya yang membutuhkan beberapa waktu juga. So.. Jaga kesehatan kalian ya guys..

Untuk anda yang memiliki indikasi kekurangan Trombosit, ada beberapa cara alami yang bisa anda lakukan. Baik dengan mengonsumsi buah atau pola hidup sehat. Lalu bagaimana saja cara dan makanan yang bisa anda konsumsi ?

Cara Meningkatkan Trombosit dengan Buah dan Sayuran

Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah yang yang sangat populer di kalangan masyarakat. mereka biasanya mengkonsumsi jambu biji dengan cara di buat jus. Buah ini mengandung banyak sekali vitamin C.

Dengan kandungan yang di punya tersebut, buah ini bermanfaat untuk meningkatkan kadar trombosit yang ada didalam tubuh anda. Selain itu juga bisa berguna untuk menurunkan sakit demam berdarah secara alami.

Pepaya

Buah ini cukup mudah didapatkan di sekitar rumah. Bahkan di pasar tradisonal sangat banyak sekali buah ini. Pepaya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Antara lain, Vitamin A, vitamin B1, B3, B5, Vitamin E, Serat, Kalsium, Folat, Magnesium. Dan Vitamin K yang tentunya sangat berguna untuk meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh.

“Baca Juga : Cara Berpikir Positif “

Kacang-kacangan

Beberapa kacang-kacangan yang anda konsumsi adalah almond, kacang tanah, walnut, pistachio, dan berbagai macam kacang lainnya. Ini karena mereka mengandung vitamin D, fibrinogen, dan vitamin K. Kandungan tersebut berfungsi untuk menyerap sehingga bisa menaikkan kadar trombosit dalam tubuh.

Biji-bijian

Hampir semua biji bijian yang mengandung vitamin B9 dapat menaikkan kader trombosit dalam tubuh anda

Sayur Bayam

Bayam memiliki kandungan vitamin K yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin K ini berfungsi untuk meningkatkan kadar trombosit. Anda bisa membuat sayur dengan bayam ini. Selain untuk kesehatan tentu juga mempunyai rasa yang enak.

Buah Delima

Buah delima merupakan salah satu makanan yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan trombosit. Buah ini mengandung zat besi, mineral, antioksidan dan vitamin C yang menjadi pendorong sistem kekebalan tubuh.

Makanan Kaya Kandungan Vitamin A

Vitamin A sangat penting bagi tubuh anda. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, maka akan membantu mempertahankan fungsi tubuh. Beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin A antara lain wortel, ubi jalar dan kangkung. Ketika sel tersebut sangat bagus untuk meningkatkan kadar trombosit anda.

“Baca Juga : Keindahan Pantai Rancabuaya”

Cara Meningkatkan Trombosit dengan Pola Makanan

Mengonsumsi Makanan Sehat

Tentu hal ini tidak bisa kita hindari. Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat dan diolah dengan baik. Untuk beberapa makanan sehat yang bisa anda makan adalah sayuran dan buah. Untuk contohnya ada di penjelasan diatas tadi.

Jangan Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Kurang Baik

Seperti yang kita tahu, di zaman ini banyak sekali produk makanan dan minuman. Beberapa produk tersebut kurang baik untuk tubuh. Jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang beralkohol, berkafein, berminyak dan junk food. Ini bisa menurunkan kadar trombosit dalam tubuh anda. Jadi, lebih berhati-hati ya dan pilih yang benar-benar sehat saja.

Perbanyak Minum Air Hangat

Air hangat sangat baik bagi tubuh anda. Terutama untuk membantu menyerap nutrisi makanan sehingga lebih cepat meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh.

Minum Air Mineral

Sel darah dalam tubuh terbuat dari air dan sejumlah protein. Dengan sering mengonsumsi air mineral tentunya akan menghasilkan sel darah yang lebih banyak pula. Ini sangat baik untuk meningkatkan kadar trombosit.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C dapat meningkatkan dan mendongkrak sistem kekebalan di dalam tubuh. Dengan sistem kekebalan yang semakin meningkat, tentu dapat mempercepat proses penyembuhan.

Dengan anda memilih makanan yang tepat untuk penyakit yang sedang di derita, tentu akan semakin mempercepat proses penyembuhan. Bila memang mengharuskan anda untuk periksa ke dokter, langsung saja datang. Jangan menunggu sampai parah dan membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama. So.. Jaga kesehatan anda dan keluarga.

Semoga artikel blog ini bermanfaat. Salam sehat bagi anda.

Sumber Inspirasi Penulisan : liputan6 dan herbalpapaya

Source of Images : pixabay

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar